Saturday 22 August 2015

7 Hal yang Harus Dilakukan Saat Melakukan Kesalahan


 rolezone.blogspot.com

 7 Hal yang Harus Dilakukan Saat Melakukan Kesalahan - Kesalahan ditempat kerja tidak selalu dapat dihindari. Pada satu titik, Anda tentu pernah melakukan kesalahan yang membuat anda tertekan dan stress. Tidak hanya kena marah atasan, anda juga merasa tidak nyaman karena rekan lain juga secara tidak langsung menanggung akibat dari kesalahan yang anda lakukan tersebut. Lalu bagaimana mengatasinya ?


1. Mengakuinya
Hal pertama yang harus anda lakukan ketika melakukan kesalahan adalah mengakuinya. Diam saja, membiarkan atasan/rekan tahu sendiri, dan bahkan tidak mengakuinya justru akan membuat kredibilitas anda semakin jatuh. Untuk menghindari dampak yang lebih luas, baik bagi perusahan maupun bagi diri anda sendiri, segera komunikasikan kesalahan yang anda lakukan sehingga ada tindak lanjut yang bisa segera dilakukan untuk memperbaikinya.

2. Minta Maaf
Kata maaf memang tidak dapat memperbaiki kesalahan yang sudah terjadi, namun setidaknya kata ini dapat membantu atasan dan rekan kerja lain menerima kesalahan anda. Meminta maaflah dengan wajar tanpa berlebihan dan jelaskan duduk permasalahannya dengan jelas. Bersikaplah wajar dan profesional pada saat meminta maaf, tidak perlu sampai mengemis minta dikasihani atau mengucapkan kata "maaf" berulang kali.

3. Berikan Rencana Solusi
Ketika anda sudah memutuskan untuk mengakui dan meminta maaf, bawa serta juga rencana anda untuk memperbaiki kesalahan yang ada . Entah nanti solusi tersebut akan dipandang baik atau tidak, yang penting atasan dan rekan lain tahu bahwa anda tidak sekedar melakukan kesalahan dan kemudian meminta maaf, namun juga memikirkan bagaimana anda dapat memperbaiki kesalahan anda.

4. Tanggung Kesalahan dengan Penuh Tanggung Jawab
Sesaat setelah melakukan kesalahan, mungkin anda tertegun dan merasa bodoh. Lalu mencari berbagai alasan dan bahkan menyalahkan orang lain guna menutupi semua itu. Ini adalah reaksi wajar. Namun mencari alasan dan menyalahkan orang lain hanya akan memperburuk keadaan. Menjelaskan duduk permasalahan sehingga sebuah kesalahan dapat terjadi (dengan kesan netral dan apa adanya) tentu berbeda dengan menyalahkan orang lain (yang terkesan menyerang orang lain) atau mencari-cari alasan (yang terkesan membela diri sendiri).

rolezone.blogspot.com
5. Stop Terus Merasa Bersalah

Bila kesalahan yang memalukan itu terjadi, terimalah bahwa itu telah terjadi dan tidak ada yang dapat anda lakukan selain memperbaikinya dan belajar darinya. Ini adalah langkah yang terbaik untuk memaafkan diri sendiri. Merasa bersalah itu boleh-boleh saja, namun bila anda tidak mampu menerima dan terus-menerus menyesalinya, itu sama dengan menyiksa diri. Sekali-kali tidak ada salahnya mencoba menertawakan diri sendiri.

rolezone.blogspot.com
6. Tunjukan Usaha Perbaikan

Tidak hanya meminta maaf, anda juga harus mewujudkan penyesalan anda itu dengan melakukan perbaikan yang diperlukan. Bertanggung jawablah atas kesalahan yang telah anda perbuat, sekalipun itu berarti harus bekerja bahkan sewaktu jam makan siang atau lembur hingga larut malam tanpa upah lembur.

7. Belajar dari Kesalahan
Tidak ada orang yang begitu andal hingga tidak pernah sekalipun melakukan kesalahan. Namun yang membedakan satu dengan orang yang lain adalah kemampuan untuk memetik pelajaran dari kesalahan yang telah ia lakukan dan kemudian bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dikemudian hari. Kesalahan memang tidak baik, namun dari sisi itu sebenarnya adalah batu pijakan untuk anda dapat lebih mengembangkan diri. 

Share this

0 Comment to "7 Hal yang Harus Dilakukan Saat Melakukan Kesalahan"

Post a Comment